Sabtu, 10 November 2012

praktikum Kalsium


I.          Judul Percobaan                        : Kalsium
II.       Hari/Tanggal Percobaan           : Kamis, 17 November 2011
III.    Selesai Percobaan                       : Kamis, 17 November 2011
IV.    Tujuan Percobaan                     : -     Mengetahui sifat-sifat kalsium dan senyawanya
-             Mengidentifikasi kalsium dan senyawanya
V.                Kajian teori
Sifat kalsium (Ca)
       Kalsium adalah logam putih perak yang agak lunak dan melebur pada 8450C. Kalsium bereaksi dengan oksigen atmosfer dan udara lembab, pada reaksi ini terbentuk kalsium oksida atau kalsium hidroksida. Kalsium menguraikan air dengan membentuk kalsium hidroksida dan hidrogen. Kalsium membentuk kation kalsium (II) Ca2+  dalam larutan-larutan air. Garam-garamnya biasanya berupa bubuk putih dan membentuk larutan yang tak berwarna, kecuali bila anionnya berwarna.
       Unsur kalsium sering berbentuk ion Ca2+ termasuk dalam kelompok IIA dalam sistem berkala dan logam kelas A. Kalsium sering juga berikatan dengan protein yang berhubungan dengan fungsi metabolisme organ. Fungsi penting dari kalsium di luar sel (ekstraseluler) ialah mencegah terjadinya gumpalan darah, gumpalan ini adalah merupakan protein darah yang tidak larut. Peranan kalsium dalam sel (intraseluler) yang penting adalah dalam eksitasi saraf dan kontraksi otot. Kontraksi otot merupakan proses yang kompleks dimana terjadinya perubahan permeabilitas memberan sehingga Ca2+terbebaskan dan menyebabkan kontraksi. Aktifitas kalsium tersebut dalam protein tidak dapat digantikan oleh ion lain.
Kegunaan
Logam in digunakan sebagai agen pereduksi dalam mempersiapkan logam-logam lain semacam torium, uranium, zirkonium, dsb. Ia juga digunakan sebagai bahan reaksi deoksida dan desulfurizer ataudecarburizer untuk berbagai macam campuran logam besi dan non-besi. Elemen ini juga digunakan sebagai agen pencampur logam aluminium, berilium, tembaga, timbal, dan campuran logam magnesium. 

Senyawa
Senyawa alami dan senyawa buatan kalsium banyak sekali kegunaannya. Kapur mentah (CaO) merupakan basis untuk tempat penyaringan kimia dengan banyak kegunaan. Jika dicampur dengan pasir, ia akan mengeras menjadi campuran plester dengan mengambil karbon dioksida dari udara. Kalsium dari batu kapur juga merupakan unsur penting semen. Senyawa-senyawa penting lainnya adalah: karbid, klorida, sianamida, hipoklorida, dan sulfida.




Percobaan  5
Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui reaksi okisidasi kalsium dengan oksigen diudara dengan mereaksikan serbuk kalsium lalu dipanaskan dalam cawan yang bertujuan agar terjadi reaksi oksidasi .  Warna pada  serbuk kalsium yang semula putih berubah menjadi lebih putih dari sebelumnya yang menandakan terbentuknya CaO. Reaksinya sebagai berikut.    
 

2Ca(s) + O2 (g)                                 2CaO (s)

Percobaan 8
Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan  reagen  pada air PDAM yang  mengandung ion Ca2+. Pada bagian pertama air PDAM  direaksikan dengan (NH4)2C2O4 .Penambahan reagen (NH4)2C2O4  bertujuan  menjadikan suasana basa pada air PDAM sehingga kandungan air yang mengandung  ion Ca2+ cenderung mengendap pada larutan basa yang ditandai kekeruhan pada hasil percobaan.
 Pada percobaan kedua air PDAM ditambahkan HCl yang bertujuan memberikan suasana asam kemudian ditambahkan BaCl2 didapatkan hasil kekeruhan pada percobaan kedua lebih keruh dibandingkan dengan percobaan pertama. Ini tidak sesuai dengan teori yang menyatakan bahwa ion Ca2+ akan larut dalam suasana asam dan sifat dari HCl yang merupakan asam kuat sehingga saat ditambahkan BaCl2 akan sedikit keruh daripada percobaan pertama. Ketidak sesuaian dengan teori ini dapat terjadi karena saat  penambahan HCl jumlah tetesannya sangat sedikit (dalam prosedur tidak ditentukan jumlah tetesan yang jelas) dan konsentrasi HCl sangat kecil. Ini menyebabkan kekeliruan dalam hasil percobaan yang kami peroleh .

Percobaan 10
Percobaan ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penambahan  asam pekat terhadap mortar yang mengandung  kalsium . Ca(OH)2 padat direaksikan dengan air dan pasir mengandung mineral  SiO2 yang dapat bereaksi dengan Ca(OH)2 dan dapat membentuk pasta kental (mortar) dengan adanya penambahan aquades secukupnya.
2Ca(OH)(s) + SiO(s) → Ca2SiO2(s)
Mortar tersebut dipadatkan agar susunan pada saat mortar telah kering dapat membentuk kekerasan yang kuat. Pada saat mortar kering telah terbentuk ditambahkan beberapa tetes HCl pekat. Hasil pengamatan menunjukan kekerasan pada mortar menjadi hancur dikarenakan merusak kalsium dalam padatan dan mengubahnya menjadi CaCl(aq). Reaksinya sebagai berikut :
CaSiO2(s) + 2HCl (aq) → CaCl2 (aq) + H2 (g) + SiO2(s)

Jawaban pertanyaan
1.      Batu kapur (CaCO3) saat dipanaskan akan terdekomposisi menjadi CaO dengan reaksi sebagai berikut :
CaCO3(s)                                             CaO(s) + CO2(g)
2.      Sifat kalsium
-         Nyala api kalsium berwarna kuning-kemerahan 
-         Dapat membentuk oksida dengan bantuan pemanasan membentuk CaO
-         Memiliki kecenderungan mengendap pada larutan basa
Sifat senyawa
-         Dapat membentuk CO2 dengan mereaksikan CaCO3 dengan asam
-         CaCO3 Dapat terdekomposisi menjadi CaO dengan bantuan pemanasan
-         Proses kelarutan CaO dalam air merupakan reaksi eksoterm
-         CaO bersifat basa dalam air membentuk Ca(OH)2
-         BaCl memiliki sifat basa yang lebih kuat dibandingkan (NH4)2C2O4
-         Kalsium dapat dirusak dengan HCl pekat
3.      Kalsium berperan bagi pembentukan tulang dan gigi pada anak-anak dan remaja yang sedang tumbuh, dan mempunyai fungsi penting untuk mempertahankan struktur normal sel, penyampaian pesan syaraf, fungsi penyusutan otot, dan denyut normal jantung, serta mempunyai pengaruh dalam mengendalikan pembekuan darah dan tekanan darah. 

Daftar Pustaka
Cotton dan Wilkinson. 2009. Kimia Anorganik Dasar. Jakarta : UI-Press.
Lee, J. D. 1991. Inorganic Chemistry Fourth Edition..Singapore: Fong & Sons Printers Pte. Ltd..
Svehla, G. 1990. Vogel Buku Teks Analisis Anorganik Kualitatif Makro dan Semimikro Edisi Kelima Bagian I. Terjemahan oleh L. Setiono dan A. Hadyana Pudjaatmaka. Jakarta: PT Kalman Media Pusaka.




Surabaya, 28  November 2011
     Mengetahui





 
 




Rabu, 10 Oktober 2012

e-TTS

masih rada ngasal sih buatnya..
cuma belajar 2 minggu buat produksi ini,belajar dari titik NOL..jadi pasti masih buanyaakk kekurangan..>_<

judulnya " elektronik teka-teki silang (e-TTS) kimia"
bisa di pake buat belajar pokok bahasan Tatanama Senyawa Anorganik Biner...


video

Tentang Es-De


saya (sisi rajin) : "nah loh..ngetik laporan sana lo..malah ngetik notes.. -_-"
saya (sisi rada' males) : "aahh..habis ini pasti ngetik laporan kok, bentar aja. dari pada ntar kepikiran notes pas garap laporan"
saya (sisi rajin) : " emang mo ngetik paan sih loe?"
saya (sisi rada' malas) : "tenang..tenang..ane kagak bakal nulis cerita galau, apalagi cerita porno.(naudzubillah). ane ntuh tadi dapet wangsit tiba-tiba pas ngelesi. biasanya kan ane ngelesi anak2 SMA tuh yang ababil gitu, nah td tu anak-anak yg masih mau, masih mau ya, ababil, SD meenn..! (-_-). sebenernya asik juga interaksi sama anak-anak muda tuh (ane juga masih muda siihh.. :D), tapi nggak tau kalo buat ngelesi tuh rada MB--> Males Beuudd. bukan karena g bisa materinya ya,, (sory bro+sist gini-gini ane dulu pernah jadi juara kelas pas SD, haha --> engkrest deteced). tapi ane di bangku kuliah kan spesialisasinya siswa-siswa seumuran SMA.
nah pas ditengah-tengah pembelajaran, dan si krucil-krucil ini ngerjain soal, ane perhatiin tuh atu-atu wajah-wajah polos tak berdosa itu, memori ini berlari mundur ke masa 9 tahun yang lalu. saat itu ane masih imut-imut, belum amit-amit kayak sekarang. hehe
inget dulu pas SD kalo ada ulangan, ane pelitt banget ama jawaban, jadi ngerjain soal tuh sambil lipat bagian halaman buku yang g ada soal keatas sampe nempel ke pipi, nah ada lembar jawabannya ane tutup tuh rapet pake tangan sebelah kiri. pokoknya bangun benteng yang kuat biar g ada yang bisa nge-hack jawaban ane.. (pelit banget ya).
nih sama, ama yang dilakuin murid les cowok pake kacamata yang duduknya pas didepan ane. bak dalam medan perang si anak ni tdk membiarkan prajurit lainnya ngambil jatah makanannya (lhoohh gak nyambung). intinya dia nutup rapat jawabannya.
pelit ntu emang g baik (yaa kan), apalagi pelit sama temen kost yang lagi telat kiriman bulanan, tapi kalo pelit masalah ujian, ane cukup mendukung (hehe..tp jangan parah-parah, ntar tugas2 ane kagak kelar, soalnya kalian g mau nyontekin, jangan yaa... :D). pelit ngasih jawaban kan sebenarnya salah satu ikhtiar buat memerangi kecurangan, meski kecil kecurangan pas ujian bisa jadi bibit buat kecurangan-kecurangan besar nantinya, bisa dibilang korup kecil-kecilan lah. nah kalo masih kecil aja uda pinter korup jawaban, apalagi kalo uda gedhe, bakal pinter korupin aset negara, ckckckck.  astaghfirullah...
itu pas SD, nah pas SMP ane udah mulai "longgar", mau nyontekin sama temen yang nyontekin ane juga, kalo di ibaratkan ane cari yang bisa bersimbiosis mutualisme, temen ngingetin bagian yang ane lupa, ane ngingetin bagian yang temen itu lupa. padahal tipe ini tetep aja namanya contek-contekan.
pas SMA udah lebih parah lagi, udah g pelit buat ngasih jawaban, sebenarnya ini karena g enak sama lingkungan, yaa mo gimana lagi, daripada poto ane dipasang di mading dg judul "MOST WANTED" cuma gara-gara g mau kasih Pe_Er. ya udah lah yaa..kalo Pe-Er ane kasih, tp kalo ulangan katanya ane masih pelit (menurut survey..)
dan sekarang.. paraahhh sodaraa, beberapa kali njagain jawaban temen karena lupa kalo ada tugas, beberapa kali juga nyatet rumus ditangan pas ada kuis, astaghfirullah.
padahal meskipun dosen ato asisten g tau, Allah pasti tau. T_T

bener-bener kurva kejujuran yang menurun,.
kata orang sih jalan pintas dianggap pantas, kalo gak nyontek tugas, gak selesai, kalo g selesai, g bisa ngumpulin, kalo g ngumpulin, g dapet nilai, kalo g dapet nilai g lulus, kalo g lulus, ngulang deh.. ampun.
ya sudahlah, yg penting tetep mau belajar, g njagain kerjaan temen, g sering-sering nyonteknya, kalo terpaksa nyontek ya ATM lah ya (Ambil Tiru Modifikasi),.."

saya (sisi rajin) : "tapi ya tetep, laporannya cepetan dikerjain"
saya (sisi rada' males) :" walaahh..masih inget aja.. oke-oke.. "

...
catatan kecil aja teman, ga ada maksud nyinggung, riya', atau apapun lah, cm mengenang masa SD dulu, tp kalo habis baca, tetep boleh nyontek kan kalo ane kelupaan ngerjain tugas lagi.. hehe ^^V

Cuilan Kisah Smaker.. :D


cuilan kisah smaker.. :D



jujur, ane sebenarnya agak “haaa??” pas dapet bagian ngajar kelas IPA. wiikk.. materinya men.. awal2 kan abstrak Beuudh. dulu pas SMA aja ane munthup-munthup sama materi “bentuk molekul”, nah ini,, ane kudu nerangin biar bocah-bocah lugu nan unyu-unyu ini ngerti bin paham.. sesuatu baanget kan??
tp ya, sebagai mahasiswa ane kudu keren dong, ane terima tantangan ngajar ini dengan lapang dada dan ikhlas lillahita’ala… . (bismillah….). maka berangkatlah ane ke salah satu ruang kelas di pojok selatan SMAKER untuk memulai menuliskan paragraph pertama di cerita pe-pe-el ku. kelas XI IA3, sama dengan kelasku waktu SMA dulu, yaa..semacam flesbek… :D
---
Ane suka kelas ini meenn… !! SipH BeudH (4L4Y detected). pertama masuk, gak ada penghuninya yang ‘mayaks’, ngehargai yang lagi ngomong di depan.. SIPP dah.. :D ngajar di kelas ini juga lancar2 saja,, kalo ada yang nyadar rada’ loading mah, ane maklumi, emang kimia g semudah makan bakso dan sesimple pake sarung, tapi kelas ini masih MAU belajar kimia. jadi pas jamnya kimia ane nggak di kunci’in di luar.. kalo di minta maju ngerjain juga langsung capcuZZ cyiinn..:D (moga2 g Cuma karena ada iming2 poin berhadiah . -__-).
tapi, yang namanya calon guru, pasti masih ada banyak kurang2nya.. inget gak pas kita belajar bentuk orbital, jujur pas hari itu ane kagak siap sama sekali. gini-gini kalo mau ngajar ane sinau juga sebelumnya, biar ilmu yg di bagi gak salah… nah pas udah mau mulai ngajar konfigurasi, “jedakk” pak W, nyuruh ngasih bentuk orbital dulu, wadauu.. (sepertinya di atas ane udah bilang ya, klo dulu ane g mudeng blass materi ini). ya sudah lah,, dengan ‘macak’ santai ane mulai bla-bla-bla bentuk orbital. dan YYAAP.. terjadi kesalahan.. doengg.. >_
woke,, itu kejadian yang cukup beri pelajaran, bahwa segala sesuatu kudu ada persiapan. KUDU. WAJIB !!
---
lanjut ke hari-hari berikutnya, yg semakin menyenangkan berbagi ilmu di kelas ini, sampai tiba saatnya Ulangan Harian,, ohh meenn.. artinya waktu buat ane seru-seruan bareng bocah-bocah imut dan unyu2 ini (mujii rekk..:D) udah hampir kelar…>_
nah, UH ini ada yang menarik buat di ceritain. ane kan pernah SMA ya, tau lah ya.. nyontek itu budaya bangsa (astaghfirullah..) makanya sebisa mungkin ane minimalisir peluang mereka untuk bekerja sama. meski dalam dasa dharma ada yg berbunyi “ rela menolong dan tabah” atau di salah satu sapta prinsip PMR ada ‘kesatuan’ tp ya GAK GITU-GITU juga kali, di terapkan pas ulangan.. >_
coba deh, di renungkan, kalo orientasi alias tujuannya Cuma nilai, nyontek mungkin bisa jadi pilihan, tp kalo pengennya adalah NGERTI+PAHAM, yaa jangan lah ya.. :D
pas ngoreksi juga, sumpaa ada yg bikin bingung, sampe cari2 di mbah gugel, nanya2 dosen. lha wong di Tanya bilangan kuantum azimuth (l), malah nulis Laspyres (ahli ekonomi, red). yaa bingung saya, kirain dia udah baca buku kimia berbahasa arab jadinya nemu hal baru yg belum pernah kedengeran di bab bilangan kuantum. dan ternyata terbongkar ketika si siswa pembuat bingung seantero kimia itu diinterogasi.. huaaa… makasiih yaa.. >_

---
intinya, makasih ya,, atas kesediaan kalian membuka pintu kelas biar ane bisa ngajar kimia, buka pintu hati buat nerima saya nggantiin guru kalian sementara..:D
makasihhh banyakk..
maap juga kalo ane ada salah-salah kata, ngajarnya (yg katanya) kecepeten, kurang ini-itu,, maap banget.. ane juga manusia (Alhamdulillah ..) tempat salah dan lupa…

ingat ya, sulit itu bukan berarti tidak bisa di lakukan, hanya butuh usaha ekstra, I’malu fauqo ma ‘amilu.. :D
luph U guys..si yu nex taim.. :D

Sabtu, 16 Juni 2012

it's about my scout, my story...:D


it’s about my scout, my story.. :D
Gpp lah ya, di sela-sela tugas bejibun ni, ane masih sempet-sempetnya ngetik geje-geje-an gini. Yaahh…biar ga stress.. masak iya ane kudu sama persamaan-persamaan reaksi itu tiap detiknya,, bisa tua sebelum waktunya ntar,, :D

Tiap pulang ato berangkat ngampus, lewat gerbang belakang (eh..sebenernya gerbang depan tu yang mana, belakang tu yang mana -_- , rada’ bingung nih kampusku emang) pasti lewat sanggar pramuka. Bendera tunas kelapa melambai-lambai seakan menyapa, keliatan ya kalo ane dulu juga aktivis pramuka?

Kepingin sebenarnya ikutan aktif pramuka lagi di kampus ini, tp anjuran emak buat off dulu bikin niatan ini surut. Takutnya sih emang selain ntar fisik drop, juga bakalan bikin kuliah kocar-kacir. Sebenernya enggak juga sih ya, kalo diniati jalan dua-duanya, tp ya daripada ane kenapa-napa pas ikutan kegiatan gara-gara gak manut omongannya emak, ya udah lah ya..insya Allah bawa hikmah.

Kan ridhoNya bersama ridho ortu, jadi gimanapun kita kudu tetep ndengerin, ga mau lah ya ntar berakhir kayak si malin kundang, jadi patung selamat datang (??) cuma gara-gara ngeyel, toh emak ane nganjurin off gitu juga demi kebaikan nusa dan bangsa (apa hubungnnya, -_- ).

Kalo ditanya kenapa suka sama pramuka ane juga bingung jawabnya, semacam kalo ditanya kenapa suka sama bakso (heeyy..point ini gak nyambung juga -_-). Padahal nih, isinya cuma panas-panasan dilapangan yang bisa bikin kulit kita lebih dari sekedar sawo mateng (lanjut deh ke sawo busuk, (T_T)), nelusuri gunung dan hutan belantara (baca : kebon kopi dan kebon singkong milik negara, hehe), dibentak-bentak kakak Pembina, ato bersih-bersih  lingkungan. Juga rela makan ala kadarnya di perkemahan, rela g mandi 3 hari di perkemahan (kalo ini mah sukarela..hehe), rela ilang cantiknya gara-gara ‘burket’ di mana-mana, rela juga g bisa sms’an gara-gara g ada sinyal.  

Eh, ada lagi, buat bisa dapet lencana “bantara” aja kudu rela berdiri lebih dari 3 jam tengah malem pas daya melek mata ini udah tinggal 3 watt, gak tidur 3 malem, bahkan sampe nangis-nangisan buat “laksana”-an (tapi gara-gara ini nih, ane jadi liat temen-temen cowok yang sok cool ntu nangis,hahaha)..
gitu kok masih suka aja? Ini nih yang susah dijelasin, pokoknya ane ntu bawaanya seneng aja liat seragam cokelat-cokelat dengan hasduk terpasang rapi dileher. Padahal kadang-kadang nih baju warnanya cokelat pekat gara-gara gak dicuci seminggu..hiiihh.. >_<

Dapet susahnya emang banyak, tp dapet senengnya kagak kalah banyaknya.
Karena pramuka ane jadi punya banyak temen superbaik, karena pramuka ane jadi banyak syukur karena jadi ngerti susahnya hidup didesa tanpa tekhnologi, karena pramuka ane jadi tau artinya kebersamaan, saling bantu, toleransi dan kepedulian, karena pramuka ane jadi punya keluarga baru, karena pramuka ane jadi kagak punya malu (lhooohh,, ), karena pramuka ane belajar mandiri, karena pramuka ane tambah takjub sama ciptaanNya yang subhanallah indahnya, karena pramuka ane jadi tau asiknya naik truk dan bareng-bareng goyang bebas di baknya, karena pramuka ane jadi tahu nikmatnya makan bersama walau hanya berlauk-kan tempe dan sambel terasi, karena pramuka ane jadi punya ilmu untuk bisa ngomong didepan orang, Karena pramuka ane jadi bisa ngrasain gak enaknya tidur di camp-camp pengungsian (meski keadaan di tenda kemah lebih aman), dan karena pramuka ane jadi punya potongan episode-episode hidup yang penuh cuilan hikmah. Alhamdulillah..

Udah ahh…lanjut ke tugas kuliah lagi, biar cepet lulus. Pokonya Alhamdulillah ane pernah kenal sama pramuka.. Hehe.

-oelin-


Selasa, 20 Maret 2012

kimia untuk Tunanetra..

ini sempat terkirim ke dikti, buat PKM-GT..
sampai ane nulis nih entry, masih nunggu pengumuman.. :D

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MOLYMOOD PADA

SUBMATERI TATANAMA SENYAWA HIDROKARBON SEBAGAI ALAT BANTU AJAR BAGI SISWA TUNANETRA KELAS X DI SMA INKLUSI

Wilda Ulin Nuha, Endah Rohmawati

(Pendidikan kimia 2009 FMIPA Universitas Negeri Surabaya)

Abstrak

Sebagai salah satu tujuan negara yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa maka program pendidikan untuk semua kalangan menjadi salah satu prioritas program pendidikan nasional, tak terkecuali bagi anak berkebutuhan khusus sesuai dengan UU RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Salah satu perwujudan program ini adalah adanya sekolah berbasis inklusi. Pendidikan inklusif merupakan suatu pendekatan pendidikan yang memperluas akses pendidikan bagi semua anak berkebutuhan khusus termasuk anak penyandang cacat.

Informasi yang diterima oleh otak kita sebagian besar berasal dari apa yang dilihat. Hal ini menyebabkan siswa dengan kekurangan pada indera penglihatannya mengalami kesulitan dalam belajar kimia, dimana konsep yang diajarkan sebagian besar bersifat abstrak. dari hasil survey pada siswa tunanetra kelas X di SMAN 10 Surabaya, materi pelajaran kimia yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi senyawa hidrokarbon. Untuk mengatasi kesulitan tersebut diperlukan sebuah media yang mengoptimalkan indera lainnya untuk mendapatkan informasi bagi siswa tunanetra.

Berdasarkan hasil observasi tersebut, peneliti mengambil judul penelitian “Pengembangan Media Pembelajaran Molymood pada Submateri Tatanama Senyawa Hidrokarbon sebagai Alat Bantu Ajar bagi Siswa Tunanetra Kelas X di SMA Inklusi”. Hal ini karena kesesuaian materi senyawa hidrokarbon yang dapat di peragakan dengan molymod. Penelitian ini menggunakan metode penelitian R&D.

Kelayakan media pembelajaran molymod ini dapat ditinjau dari aspek kesesuaian media pembelajaran molymood dengan materi pembelajaran, penyajian, dan kesesuaiannya dengan kondisi siswa yang tunanetra yang akan dinilai oleh 2 orang dosen kimia, 2 orang guru kimia, 1 orang pakar tunanetra, dan 4 orang siswa tunanetra di SMA Inklusi.

Hasil skor yang didapat kemudian diukur dengan menggunakan skala Likert, jika presentase skor 61% maka media tersebut dapat dikatakan layak untuk digunakan dalam pembelajaran kimia kelas X pada bahasan senyawa hidrokarbon, khususnya tatanama senyawa hidrokarbon.

Kata kunci : media pembelajaran molymod, siswa tunanetra, senyawa hidrokarbon


Senin, 19 Maret 2012

KOMPLEKSIOMETRI

A. Judul Percobaan : Kompleksiometri

B. Tujuan : Membuat dan menentukan (standarisasi) larutan Na-EDTA

C. Dasar Teori

Titrasi kompleksometri adalah salah satu tipe reaksi kimia yang berlaku sebagai dasar penentuan titrimetrik melibatkan pembentukan (formasi) kompleks atau ion kompleks yang larut namun sedikit terdisosiasi. Kompleks yang dimaksud di sini adalah kompleks yang dibentuk melalui reaksi ion logam, sebuah kation, dengan sebuah anion atau molekul netral

EDTA adalah kependekan dari ethylene diamin tetra acetic. EDTA berupa senyawa kompleks khelat dengan rumus molekul (HO2CCH2)2NCH2CH2N(CH2CO2H)2. Merupakan suatu senyawa asam amino yang secara luas dipergunakan untuk mengikat ion logam logam bervalensi dua dan tiga. EDTA merupakan senyawa yang mudah larut dalam

air, serta dapat diperoleh dalam keadaan murni. Tetapi dalam penggunaannya, karena adanya sejumlah tidak tertentu dalam air, sebaiknya distandardisasi terlebih dahulu.

Gambar struktur EDTA


Selektivitas kompleks dapat diatur dengan pengendalian pH, misal Mg, Ca, Cr, dan Ba dapat dititrasi pada pH = 10 EDTA. Sebagian besar titrasi kompleksometri mempergunakan indikator yang juga bertindak sebagai pengompleks dan tentu saja kompleks logamnya mempunyai warna yang berbeda dengan pengompleksnya sendiri. Indikator demikian disebut indikator metalokromat. Indikator jenis ini contohnya adalah Eriochrome black T; pyrocatechol violet; xylenol orange; calmagit; 1-(2-piridil-azonaftol), PAN, zincon, asam salisilat, metafalein dan calcein blue.

Ikatan pada EDTA, yaitu ikatan N yang bersifat basa mengikat ion H+ dari ikatan karboksil yang bersifat asam. Jadi dalam bentuk Ianitan pada EDTA ini terjadi reaksi intra molekuler (maksudnya dalam molekul itu sendiri), maka rumus senyawa tersebut disebut "zwitter ion". EDTA dijual dalam bentuk garam natriumnya, yang jauh lebih mudah larut daripada bentuk asamnya.

D. Alat dan Bahan

Alat :

- Buret

- Statif

- Pipet

- Pipet seukuran

- Gelas kimia

- Erlenmeyer

Bahan :

- Serbuk CaCO3 sebanyak 0,0835 gram

- Larutan Na-EDTA

- Aquades

- Indikator EBT

- Larutan buffer pH 10

A. Diskusi dan Pembahasan

Asam Ethylenediaminetetraacetic dan garam sodium ini (singkatan EDTA) bentuk satu kompleks kelat yang dapat larut ketika ditambahkan ke suatu larutan yang mengandung kation logam tertentu. Jika sejumlah kecil Eriochrome Hitam T ditambahkan ke suatu larutan mengandung kalsium dan ion-ion magnesium pada satu pH dari 10,0 ± 0,1, larutan menjadi berwarna merah muda. Jika EDTA ditambahkan sebagai satu titran, kalsium dan magnesium akan menjadi suatu kompleks, dan ketika semua magnesium dan kalsium telah manjadi kompleks, larutan akan berubah dari berwarna merah muda menjadi berwarna biru yang menandakan titik akhir dari titrasi.

Reaksi yaang terjadi adalah sebagai berikut :

Pertama EDTA (H2Y2-) akan kompleks dengan ion kalsium, membentuk satu kompleks merah:

1) H2In- + Ca2+ à CaIn- + 2H+

Pada titik akhir, EDTA akan kompleks dengan kalsium dan indikator menjadi lepas, yaitu ditandai oleh warna merah berganti warna biru:

2) EDTA + CaIn- + 2H+ à H2In- + CaEDTA

(merah) (biru)

Berdasarkan data hasil percobaan, di dapatkan besarnya konsentrasi Na-EDTA rata-rata yaitu 1,097 x 10-2 M.

B. Kesimpulan

Setelah melakukan percobaan dan analisis data hasil percobaan, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :

1. Kompleksometri adalah salah satu metode analisis titrimetrik yang melibatkan pembentukan kompleks.

2. Berdasarkan data hasil percobaan standarisasi larutan Na-EDTA dengan larutan CaCl2 didapatkan hasil konsentrasi Na-EDTA sebesar

1,097 x 10-2 M.